-->

Daftar Istilah Dunia MotoGP

Monday, August 31, 2015

Daftar Istilah Dunia MotoGP
Daftar Istilah Dunia Balap MotoGP - Red Flag, Podium, Pit Lane, Wild Card, Grid, dll.

SINGKATAN dari apakah MotoGP atau Moto GP? Bisa jadi, meski sudah lama suka balapan sepeda motor ini, banyak yang belum tahu atau "tidak ngeh" apa sebenarnya kepanjangan MotoGP.

Kepanjangan MotoGP ini akan menjadi pembuka Daftar Istilah Dunia MotoGP yang wajib diketahui oleh GP-mania. MOTO GP adalah singkatan dari Motorcycle Grand Prix. 

Grand Prix adalah suatu perlombaan balap mobil kelas utama. Istilah ini digunakan untuk lomba-lomba utama FIA seperti kejuaraan Formula Satu (F1) dan kejuaraan Reli Dunia.

Istilah GP juga digunakan oleh balapan lainnya, baik open wheeler maupun non open wheeler seperti A1, CART, dan NASCAR. (Wikipedia).

Dalam bahasa Indonesia, Motorcycle Grand Prix ini disebut Grand Prix Sepeda Motor karena belum ada terjemahan "resmi" untuk istilah Grand Prix yang dalam kamus bahasa Inggris disebut "one of several international races" (salah satu dari beberapa balapan internasional).

Daftar Istilah Dunia MotoGP

MotoGP
MotoGP adalah singkatan dari Motorcycle Grand Prix. MotoGP meruapan level balapan sepeda motor kelas tertinggi (utama).

Dry Race    
Balapan yang dinyatakan kering oleh Race Direction. Pembalap menggunakan ban slick.

FIM
The Fédération Internationale de Motorcyclisme adalah badan yang mengatur semua olahraga motor di seluruh dunia.

Grid
Kumpulan titik start pada trek lurus start/finish sirkuit, dimana pembalap berkumpul pada permulaan setiap  balapan. Berbaris sesuai dengan hasil kualifikasi mereka untuk memulai balapan.

Low Side
Kecelakaan akibat salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

Lean Angle (Sudut Tikungan)
Adalah sudut kemiringan antara pembalap dengan garis vertikal. Hal ini terjadi saat pembalap merebahkan motornya ke arah trek pada suatu tikungan dengan kecepatan tinggi. Lutut dan siku pembalap sering menyentuh permukaan aspal ketika berada pada sudut tikungan maksimum.

Pit-box
Garasi sementara yang memiliki akses langsung menuju pit lane dan didesain untuk suatu tim yang berpartisipasi pada salah satu dari tiga kelas MotoGP.

Pit Crew    
Manajemen tim, mekanik, dan asisten mereka. 

Pit Lane    
Lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada sirkuit dan berada di antara pit-box dan sirkuit.

Podium    
Tempat perayaan kemenangan bagi ketiga pembalap tercepat pertama yang menyelesaikan balapan Grand Prix.

Pole Position atau Pole
Posisi mulai awal untuk balapan yang diperoleh dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi.

Qualifying (Kualifikasi)
Ketiga kelas baik MotoGP, Moto2, maupun Moto3 harus mengikuti kualifikasi satu hari sebelum balapan dimulai. Hasil kualifikasi akan menentukan posisi grid start balapan. Pembalap tercepat akan mendapatkan posisi terdepan dan seterusnya.

Race Direction
Tim yang terdiri dari perwakilan dari Dorna, FIM, dan IRTA pada setiap Grand Prix untuk mengambil keputusan seperti menyatakan apakah kondisi balapan kering atau basah.

Ride Through    
Prosedur penalti dimana pembalap yang melakukan jump start sebelum balapan secara resmi dimulai diminta untuk berkendara melalui jalur pit.

Rookie    
Pembalap yang berkompetisi pada tahun pertamanya di kelas manapun.

Rostrum
Istilah lain untuk podium.

Wet Race (Balapan Basah)
Balapan dengan kondisi cuaca yang mempengaruhi permukaan trek diaggap basah, kebalikan dari kering.

Wheelie
Akrobat yang biasanya dipertunjukkan oleh pembalap dalam perayaan, dimana ban depan terangkat dari permukaan trek karena akselerasi keras dan melepaskan kopling dengan cepat.

Wild Cards
Pebalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.

Free Practice
Sesi latihan bebas. Biasa digelar sehari sebelum babak kualifikasi.

Warm Up
Sesi pemanasan. Digelar beberapa jam sebelum race atau balapan dilaksanakan.

Warm Up Lap
Sesi pemanasan yang dilakukan satu putaran (satu lap) sebelum start atau dimulai balapan.

Tribun
Tempat duduk dengan posisi seperti sawah terasering. Lokasinya di pinggiran sirkuit. Tempat ini disediakan buat penonton yang ingin melihat balapan. Di tempat ini juga biasanya tamu dan undangan melihat jalannya lomba.

Jump Start
Sebuah pelanggaran. Pebalap mulai melajukan kendaraannya sebelum lampu merah dipadamkan lampu hijau dihidupkan (curi start).

Stop and Go Penalty
Pelanggaran yang menyebabkan pebalap harus masuk pitlane dan berhenti beberapa detik.

Black Flag
Bendera Hitam. Selain merupakan tanda bendera, black flag juga merupakan jenis hukuman untuk pebalap yang mengharuskan pebalap tersebut keluar alias diskualifikasi. 

Red Flag - Bendera Merah
Bendera Merah adalah tanda bahwa race (balapan) dihentikan karena alasan tertentu, misalnya cuaca memburuk atau lintasan berbahaya bagi pebalap. Bendera merah juga dikibarkan karena alasan teknis dan non-teknis.

red flag


Green Flag
Bendera Hijau. Tanda track aman. Bendera ini biasanya dikibarkan saat free practice  atau latihan bebas dan sesi pemanasan (warm up).

Bendera Kotak Hitam Putih
Bendera yang dikibarkan di akhir balapan atau akhir lap. Bendera ini sebagai penanda bahwa race telah selesai. (http://motogpcrash.blogspot.com).*

» Thanks for reading: Daftar Istilah Dunia MotoGP

3 Responses to "Daftar Istilah Dunia MotoGP"

NO SPAMMY Comments, Please...!